Rumah Hikmah News Casa Andara Residence Cluster Green Nature

Header

Ayat-AyatNYA tentang Beriman dan Bertakwa


Al-Quran adalah kitab yang menginformasikan ajaran, tuntunan, pedoman Allah kepada makhluk-makhkluknya (jin & manusia) ketika membicarakan aspek kemakhlukannya sangat banyak menginformasikan hal-hal yang terkait dengan ketaqwaan maupun lawannya.


》Yang Paling Mulia di sisi Allah adalah yang Paling Taqwa

QS. 49: 13

"Hai manusia. sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antaramu di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."



》Sifat Orang Yang Bertaqwa

QS. 2: 2 – 5

"Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk/hudaa bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rizki yang Kami anugrahkan kepada mereka. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung."

QS. 2: 177

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan/ al-birr,akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya bila berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar; dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa."

QS. 3: 15 – 17

"Katakanlah: 'Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikiam itu?' Untuk orang-orang yang bertaqwa, pada sisi Rabb mereka ada sorga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah; Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (yaitu) orang-orang yang berdoa:'Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.'. (Yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar(ash-shadiqiin), yang tetap taat (al-muqnitiin), yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur."

QS. 3: 133 – 136

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabb-mu dan kepada sorga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang bila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri-sendiri, mereka ingat kepada Allah lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya adalah ampunan dari Rabb mereka dan sorga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala bagi orang yang beramal."

QS. 7: 201

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat (yatadzakkaruu) kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya."

QS. 51: 17 – 19

"Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah); Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian."


》Kesimpulan dari Ciri Orang Yang Bertaqwa :

1. Beriman kepada yang ghaib

2. Mendirikan shalat dan menunaikan zakat

3. Menafkahkan sebahagian rizki yang dianugrahkan Rabb mereka -baik di waktu lapang maupun sempit- kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta

4. Beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu

5. Yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan

6. Yang menepati janjinya bila berjanji

7. Yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan.

8. Yang benar (ash-shadaquu)

9. Yang berdoa mohon ampunan dan terpelihara dari neraka:'Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.'.

10. Yang tetap taat (al-muqnitiin)

11. Yang sedikit sekali tidur di waktu malam dan memohon ampun di waktu sahur.

12. Yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang

13. Yang bila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri-sendiri, mereka ingat kepada Allah lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, lalu mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

14. Bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat (yatadzakkaruu) kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya


》Agar Bertaqwa

QS. 2: 21

" Wahai manusia, sembahlah (mengabdilah kepada) Rabb-mu yang telah menciptakanmu dan orang-orang sebelummu, agar kamu bertaqwa."

QS. 2: 63

"Dan ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): 'Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertaqwa."

QS. 2: 178 – 179

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik. Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Rabb-mu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu maka baginya siksa yang sangat pedih.

Dan dalam qishash itu ada hidup bagimu, hai ulil albab, supaya kamu bertaqwa."

QS. 2: 183

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa."

QS. 2: 187

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan Puasa bercampur dengan isteri-isterimu; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan anfus-mu , karena itu Allah menerima taubatmu dan memaafkanmu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu i'tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka bertaqwa."

QS. 6: 51

"Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Rabb mereka, sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa'at pun selain dari pada Allah, agar mereka bertaqwa."

QS. 6: 153

" Dan bahwa ini adalah shirath/jalan-Ku yang Mustaqim, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti sabil-sabil/jalan-jalan (yang lain), karena sabil-sabil itu mencerai-beraikan kamu dari sabil-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa."

QS. 7: 164

"Dan ketika suatu umat di antara mereka berkata: 'Mengapa kamu menasihati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?' Mereka menjawab: 'Agar kami mempunyai alasan kepada Rabb-mu dan supaya mereka bertaqwa'"

QS. 20: 113

"Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali di dalamnya sebahagian ancaman, agar mereka bertaqwa atau (agar) Al-Quran itu menimbulkan dzikir bagi mereka."

QS. 39: 27 – 28

"Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al-Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka mendapat pelajaran/yatadzakkaruun. (yaitu) Al-Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertaqwa."


》Kesimpulan Perilaku agar Bertaqwa :

1. Menyembah (mengabdi) kepada Rabb.

2. Berpegang teguh pada apa yang diberikan Tuhan, serta mengingat selalu apa yang ada di dalamnya.

3. Mengikuti Shirath al-Mustaqim

4. Berpuasa (shaum)

5. Memahami hakikat ayat-ayat Allah.

6. Memahami hikmah Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab

7. Memahami hikmah perumpamaan-perumpamaan dalam Al-Quran

8. Memberi peringatan kepada kaum yang lalai.

9. Bersedia menjalankan hukum qishash (bila prasyaratnya terpenuhi)


》Janji Allah Kepada Orang yang Bertaqwa

QS. 2: 194

". . . Bertaqwalah kepada Allah, dan Allah beserta orang yang taqwa."

QS. 9: 123

". . . dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa."

QS. 9: 4

". . . Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa."

QS. 9: 7

". . . Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa."

QS.45: 19

". . .dan Allah adalah pelindung orang-orang yang bertaqwa."

QS. 2: 223

" . . .Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk anfus (diri)-mu, dan bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman."

QS. 2: 282 (bagian akhir ayat)

". . . Dan bertaqwalah kepada Allah; Allah memberimu ilmu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

QS. 3: 15

". . . Untuk orang-orang yang bertaqwa, pada sisi Rabb mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan isteri-isteri yang disucikan, serta keridhan Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya."

QS. 3: 133

". . . dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa."

QS. 3: 198

". . . Sedangkan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabbnya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti (al-abrar)."

QS. 3: 172

". . . Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertaqwa terdapat pahala yang agung."

QS. 3: 179

". . . dan jika kamu beriman dan bertaqwa, maka bagimu pahala yang agung."

QS. 2: 103

"Sesunguhnya kalau mereka beriman dan bertaqwa (niscaya mereka akan mendapat pahala), dan sesungguhnya pahala dari sisi Allah adalah lebih baik, kalau mereka mengetahui."

QS. 4: 77 QS. 5: 65 QS. 6: 32 QS. 7: 26 QS. 7: 35

QS. 7: 128 QS. 7: 156 QS. 7: 169 QS. 8: 29 QS. 8: 34

QS. 10: 63 – 64 QS. 11: 49 QS. 12: 57 QS. 12: 90

QS. 12: 109 QS. 13: 35 QS. 15: 45 – 48

QS. 16: 30 – 31 QS. 19: 63 QS. 19: 85 QS. 25: 15

QS. 28: 83 QS. 38: 49 QS. 39: 20 QS. 39: 73 QS. 44: 51

QS. 49: 13 QS. 51: 15 QS. 52: 17 QS. 54: 54 QS. 55: 46 – 76

QS. 65: 2 – 5 QS. 68: 34 QS. 77: 41 QS. 78: 31

QS. 92: 7


》Perintah Bertaqwa kepada Allah

QS. 2: 21

" Wahai manusia, sembahlah (mengabdilah kepada) Rabb-mu yang telah menciptakanmu dan orang-orang sebelummu, agar kamu bertaqwa."

QS. 3: 102

"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dengan taqwa yang haqq; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan berserah-diri (muslimuun)"

QS. 2: 63

"Dan ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): 'Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertaqwa."

QS. 22: 32

" Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan qalbu."

QS. 2: 189

"Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah:'Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadah) haji; Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertaqwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu beruntung (tuflihuun)."

QS. 2: 196

" . . . Dan bertaqwalah kepada Allah, dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya."

QS. 2: 223

" . . .Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk anfus (diri)-mu, dan bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman."

QS. 2: 231

". . . Dan ingatlah nikmat Allah padamu, dan apa yang telah diturunkan Allah kepadamu yaitu Al-Kitab dan Al-Hikmah. Allah memberi pengajaran kepadamu dengan apa yang diturunkan-Nya itu. Dan bertaqwalah kepada Allah serta ketahuilah bahwasanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

QS. 2: 233

". . .Dan bertaqwalah kepada Allah serta ketahuilah bahwasanya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

QS. 2: 278

" Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman."

QS. 2: 282

". . . Dan bertaqwalah kepada Allah; Allah memberimu ilmu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

QS. 2: 283

" Jika kamu dalam perjalanan (dan bermu'amalah tidak secara tunai) sedang kamu tidak memperoleh seoarng penulis, maka hendaklah ada barang tanggungan yang dipegang (oleh orng yang berpiutang). Akan tetapi jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (hutangnya) dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah Rabb-nya; dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. Dan barangsiapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya, dan Allah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan."

QS. 3: 50 QS. 4: 9 QS. 4: 131 QS. 5: 4 QS. 71: 3

QS. 5: 7 QS. 5: 11 QS. 5: 35 QS. 5: 57 QS. 5: 88

QS. 5: 100 QS. 5: 108 QS. 5: 112 QS. 6: 72 QS. 6: 155

QS. 8: 69 QS. 9: 119 QS. 11: 78 QS. 15: 69 QS. 16: 2

QS. 23: 52 QS. 24: 52 QS. 25: 58 QS. 26: 108 QS. 26: 110

QS. 26: 126 QS. 26: 132 QS. 26: 144 QS. 26: 150 QS. 26: 163

QS. 26: 179 QS. 26: 184 QS. 26: 217 QS. 29: 16 QS. 30: 31

QS. 31: 33 QS. 33: 1 QS. 33: 3 QS. 33: 37 QS. 33: 48

QS. 33: 55 QS. 33: 70 QS. 39: 10 QS. 39: 16 QS. 43: 63

QS. 49: 1 QS. 49: 10 QS. 49: 12 QS. 57: 28 QS. 59: 7

QS. 59: 18 QS. 60: 11 QS. 65: 2 QS. 65: 10 QS. 2: 197


www.rumah-hikmah.com

Tulisan Terkait:

Info Bisnis:

Info Keuangan:
coconut fiber indonesia - civet coffee beans luwak indonesia - rumah baru dekat tol di jatiasih - eksportir indonesia - solusi properti - rumah dinar - manufaktur indonesia - agribisnis indonesia - white copra indonesia - coconut coir pellets - jual panel beton murah siap pakai - jasa pasang panel beton - jual komponen nepel, mur, baut, spare parts ac, kuningan - komponen, nepel, mur, baut, ac, kuningan - industri manufaktur pengecoran kuningan - brass foundry casting manufacturer - brass billets, bullets, neple, nut, bolt, fitting, parts - tanah di kawasan strategis - rumah baru eksklusif dekat tol - rumah murah dekat tol - jual tanah di sudirman - jual tanah di kuningan - jual tanah dekat menteng - paket tour perjalanan wisata - apakah dinar emas - tanya jawab dinar - jual dinar - beli dinar - dinar emas -