Meraih Keberuntungan


Saking percayanya bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk, penjelasan atas petunjuk-petunjuk dan jawaban atas segala sesuatu – ulama dahulu mengibaratkan mencari cemeti yang hilang-pun dengan Al-Qur’an. Maka Al-Qur’an yang sama pasti juga bisa menjadi petunjuk bagi segala urusan kita di jaman ini. Bagi kita yang (ingin) terjun ke dunia usaha misalnya, apa yang kita cari ? salah satunya untung bukan ?, maka jawabannya-pun ada di dalam Al-Qur’an !

Berikut antara lain kunci-kunci keberuntungan yang saya temukan dari sejumlah ayat-ayat di Al-Quran itu :

1. Iman,  hal utama yang mendatangkan keuntungan ini disebut di sejumlah ayat antara lain QS 2 : 4-5 ; 103:3 ; 7 : 156-157 ; 23 : 1
2. Membaca Al-Qur’an, mendirikan shalat, membayar zakat, ada di QS 31 : 4-5 ; 35 : 29
3. Amal saleh dan banyak berbuat kebajikan, ada di sejumlah ayat antara lain QS 7 :8 ; 45 :30 ; 103:3
4. Menyuruh yang makruf mencegah yang munkar ; antara lain ada di QS 3:104 ; 7 : 156 -157
5. Takwa, antara lain ada di QS 2 : 189 ; 3 : 300 ; 5 : 100
6. Menjauhi perbuatan keji, antara lain ada di ayat  QS 5 : 90 ; 23 :50
7. Bertobat, antara lain ada di QS 24:31 ; 28 :67
8. Menjahui perkataan dan perbuatan yang tidak berguna, antara lain ada di QS 23 :3
9. Menjaga amanat dan janji, antara lain ada di QS 23 : 8
10. Ibadah di malam hari, antara lain ada di QS 39 : 9
11. Mencintai dan mengutamakan saudaranya melebihi dirinya sendiri, antara lain ada di Qs 59 : 9
12. Tidak berkasih saya dengan orang yang menentang Allah, antara lain di QS 58 : 22
13. Mengingat Allah banyak-banyak, antara lain di QS 62 : 10
14. Tidak kikir, antara lain ada di QS 64 :16
15. Menolak kejahatan dengan cara yang lebih baik, ada di QS 41 : 34-35

Mungkin timbul pertanyaan Anda, ayat-ayat tersebut kan lebih fokus pada urusan keberuntungan di akhirat, lantas dimana tips-nya untuk keberuntungan di dunia  ?  pertanyaan semacam ini sering muncul  karena daya tarik dunia yang begitu besar sehingga orang lebih banyak tertarik pada sesuatu yang instant duniawi ketimbang yang berorientasi akhirat.

Tetapi justru disitulah petunjuknya. Perhatikan ayat berikut : “Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagian pun di akhirat.” (42:20)

Juga dua hadits  berikut :

“Barangsiapa menjadikan dunia sebagai ambisinya, maka Allah akan mencerai- beraikan urusannya dan Allah akan menjadikannya miskin. Tidaklah dia akan mendapatkan dunia kecuali apa yang telah ditetapkan baginya. Dan barangsiapa menjadikan akhirat sebagai niatannya, maka Allah akan menyatakan urusannya dan menjadikan kekayaan di hatinya, ia akan diberi dunia sekalipun dunia memaksanya”. (HR Ibnu Majjah)

Senada dengan ini adalah hadits : “Barangsiapa menjadikan cita-citanya untuk menggapai akhirat, maka Allah akan mencukupkan baginya dunianya. Dan barangsiapa cita-citanya hanya untuk mencari dunia, maka Allah tidak peduli dilembah mana dia binasa”. (HR Ibnu Majjah)

Disitulah elegant-nya cara mencari keberuntungan yang besar melalui petunjuk Allah itu.  Bayangkan kalau perilaku mengutamakan tujuan akhirat ini yang ada di dunia usaha, maka tidak akan ada kecurangan, tidak ada yang berkhianat, bahkan bila ada yang berbuat jahat terhadap (usaha) kita-pun kita masih bisa membalasnya dengan cara kebaikan (QS 41:34-35).

Ini tips untuk mencari keberuntungan besar yang memang tidak mudah, tetapi dijamin kebenarannya karena datangnya dari Dia Yang Maha Tahu, Dia Yang Menciptakan kita semua beserta bumi, langit dan seisinya.

Bila kita dihadapkan pada dua pilihan, ada tips sukses/untung besar yang mudah diterapkan (mudah kita jumpai di buku-buku entrepreneurship di toko buku) tetapi tidak dijamin kebenarannya, yang satu lagi tips sukses/untung besar yang tidak mudah menerapkannya tetapi dijamin kebenarannya – maka mana yang kita akan pilih ?, insyaAllah kita akan memilih bersusah-payah menerapkan yang kedua yang dijamin kebenarannya. InsyaAllah.

www.rumah-hikmah.com

Tulisan Terkait:

Info Bisnis:

Info Keuangan:


Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah

Meninggalkan Pesan

Meninggalkan Pesan
Form isian untuk meninggalkan Pesan