Menghindari Kapitalisme


Ternyata bukan hanya agama kita Islam yang menolak kapitalisme itu, orang Nasrani-pun menolaknya. Setidaknya ini terungkap dari serangan Paus Francis dalam pernyataannya sepanjang 84 halaman yang dikeluarkan pada tanggal 26/11/2013. Dalam pernyataan keras tersebut, Paus menyebut kapitalisme yang tidak terkendali telah menciptakan tirani baru.  Ekonomi ekslusif dan ketidak setaraan kapitalisme bahkan bisa membunuh.

Paus mencontohkannya betapa warga tunawisma di negeri kaya bisa mati kedinginan tanpa mendapat-kan perhatian juru warta, sementara ketika pasar saham turun 2 poin saja beritanya ke seluruh dunia.

Bisa jadi pemikiran Paus ini mewakili kedekatan orang Nasrani  dengan orang beriman untuk jaman ini – khususnya dalam bidang pemikiran ekonomi,  seperti yang dimaksud dalam ayat berikut :

"Pasti akan kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri." (QS 5:82)

Bila ternyata ajaran Nasrani-pun menolak kapitalime seperti juga Islam menolaknya, gabungan dari dua agama ini mewakili 3.6 milyar orang atau lebih dari separuh penduduk bumi, lantas sebenarnya untuk siapa kapitalisme itu ?

Kemungkinan terbesarnya ya untuk para pihak yang disebut dalam ayat tersebut di atas yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Orang-orang Yahudi atau systemnya sampai sekarang-pun jelas siapa dan apanya, lantas siapa orang-orang musyrik itu di jaman ini ?

Mereka adalah orang-orang yang mempertuhankan apapun selain Allah. Dalam bidang ekonomi tuhan-tuhan selain Allah itu bisa berupa uang atau modal, pasar, peraturan, pekerjaan, system dan semua yang tidak merujuk kepada pengaturan Allah.‎

Sederhana jawabannya, namun menjadi tantangan tersendiri di jaman ini untuk manjauhinya dan selalu berusaha di jalanNya yang lurus. Tidak mudah memang, tetapi insyaAllah bukannya tidak mungkin untuk diwujudkan kembali. InsyaAllah.

www.rumah-hikmah.com

Tulisan Terkait:

Info Bisnis:

Info Keuangan:

coconut fiber indonesia - civet coffee beans luwak indonesia - rumah baru dekat tol di jatiasih - eksportir indonesia - solusi properti - rumah dinar - manufaktur indonesia - agribisnis indonesia - white copra indonesia - coconut coir pellets - jual panel beton murah siap pakai - jasa pasang panel beton - jual komponen nepel, mur, baut, spare parts ac, kuningan - komponen, nepel, mur, baut, ac, kuningan - industri manufaktur pengecoran kuningan - brass foundry casting manufacturer - brass billets, bullets, neple, nut, bolt, fitting, parts - tanah di kawasan strategis - rumah baru eksklusif dekat tol - rumah murah dekat tol - jual tanah di sudirman - jual tanah di kuningan - jual tanah dekat menteng - paket tour perjalanan wisata - apakah dinar emas - tanya jawab dinar - jual dinar - beli dinar - dinar emas -

Grafik Harga Dinar terhadap Rupiah

Meninggalkan Pesan

Meninggalkan Pesan
Form isian untuk meninggalkan Pesan