Rumah Hikmah News Casa Andara Residence Cluster Green Nature

Header

Pahlawan


Ada banyak jenis pahlawan dalam kehidupan manusia. Setiap hari kita bisa menemuinya, atau bahkan menjadi salah satunya. Ada pahlawan sejati. Ada pahlawan tanpa tanda jasa. Ada pahlawan kemerdekaan. Pahlawan revolusi. Pahlawan devisa, dan tentu ada juga pahlawan kesiangan.

Semua pahlawan di atas punya dan memerlukan medan perangnya. Bahkan seorang pahlawan kesiangan memerlukan kancah laga untuk mengambil kesempatan dan menarik perhatian. Pahlawan-pahlawan itu memerlukan ruang untuk menjadi pahlawan.

Bung Karno pernah mengatakan, bahwa perjuangannya jauh lebih ringan dibanding dengan perjuangan generasi-generasi yang akan datang setelah dia. Karena, dulu Bung Karno melawan penjajah. Jelas duduknya, jelas pula letak berdirinya.

Tapi generasi setelah Bung Karno akan jauh lebih berat perjuangannya. Karena yang akan dia lawan adalah bangsanya sendiri. Dan itu terbukti kini. Kita melawab koruptor yang seolah tak ada habisnya. Patah tumbuh, silih berganti. Seperti hydra, satu kepala yang dipotong akan tumbuh dua dari leher yang sama. Sementara pejuang yang melawan mereka, tak banyak jumlahnya. Satu dua orang, itupun dengan ancaman yang tidak diragukan hebatnya, seperti yang dihadapi Novel Baswedan.

Musuh-musuh itu terus saja tumbuh. Mereka membuat kita lumpuh sebagai bangsa. Mereka memaksa kita berhutang sebagai negara. Mereka memaksa kita mengimpor barang kebutuhan yang seharusnya bisa kita produksi sendiri seperti garam. Mereka menjerat kita dengan janji-janji, lalu menjual suara kita yang berhasil dikumpulkan. Kita dijual oleh pemimpin kita sendiri. Itulah yang dilawan para pejuang hari ini, saudara sendiri.

Ada banyak pahlawan di sekitar kita. Tapi mereka tak banyak dikenal. Mereka melawan dalam diam. Mereka berbuat sesuatu, meski tak banyak orang tahu. Tapi ketika mereka hilang, terasa sekali nanti, ada yang kurang.

Yang banyak berkokok saat ini adalah para pahlawan kesiangan. Pahlawan jenis ini, ada di semua lini kehidupan. Kecil yang dilakukan, tapi seantero dunia akan mendengar. Ringan yang dilakukan, tapi seluruh mata dibuat melihat dan memperhatikan. Padahal belum tentu yang kecil itu adalah amal dan perjuangannya sendiri.

Mereka gagah, pandai mengolah kata, cantik mempresentasikan, angka dan data jadi penunjang. Tapi pahlawan kesiangan seperti ini tak pernah setia. Mereka hanya setia pada apa yang diinginkan. Mereka hanya setia pada kepentingannya.

Tapi ada satu yang sering dilupakan oleh orang-orang seperti ini, bahwa Allah Maha Tahu Segala. Dia mencatat dengan sehalus-halusnya catatan. Pahlawan kesiangan selalu lupa bahwa semua yang berdimensi, akan rapuh dan usang. Lalu hilang. Niat dan tujuan yang akan membuat sebuah dikekalkan.

Membangun negeri ini, memerlukan banyak sekali pejuang. Dan kelak, pejuang-pejuang ini akan mengukir sejarah. Lalu, sejarah menyebutnya sebagai pahlawan. Peran yang kita pilih, besar atau kecil, tak jadi soal. Jadilah pejuang dengan niat yang paling murni. Sebab kelak tak akan merugi. Indonesia memerlukan pahlawan-pahlawan sejati. Bukan pahlawan kesiangan yang tebar citra sana-sini, dan mengambil keuntungan dari orang-orang yang bisa dikelabui.

radiosilaturahim.com


www.rumah-hikmah.com

Tulisan Terkait:

Info Bisnis:

Info Keuangan:

My Blog List

Agribisnis Indonesia, Eksportir Indonesia, Jual Beli Dinar Emas, Jual Beli Rumah Baru dan Bekas, kantor di rumah, Manufaktur Indonesia, Membangun Kemakmuran Umat, Membangun Kemakmuran Umat, Paket Tour Perjalanan Wisata, Solusi Konstruksi Indonesia, Solusi Properti Indonesia, , 

My Link List

coconut fiber indonesia - civet coffee beans luwak indonesia - rumah baru dekat tol di jatiasih - eksportir indonesia - solusi properti - rumah dinar - manufaktur indonesia - agribisnis indonesia - white copra indonesia - coconut coir pellets - jual panel beton murah siap pakai - jasa pasang panel beton - jual komponen nepel, mur, baut, spare parts ac, kuningan - komponen, nepel, mur, baut, ac, kuningan - industri manufaktur pengecoran kuningan - brass foundry casting manufacturer - brass billets, bullets, neple, nut, bolt, fitting, parts - tanah di kawasan strategis - rumah baru eksklusif dekat tol - rumah murah dekat tol - jual tanah di sudirman - jual tanah di kuningan - jual tanah dekat menteng - paket tour perjalanan wisata - apakah dinar emas - tanya jawab dinar - jual dinar - beli dinar - dinar emas - jual benih lele - jual bibit lele - benih lele - bibit lele - lele sangkuriang - Agribisnis Indonesia - Brass Billets, Bullets, Neple, Nut, Valve & Parts - Brass Bullets Neple Nut Indonesia - Brass Foundry Casting Indonesia - Casa Bellevue - Casa Bellevue Bintaro - Civet Coffee Beans Luwak Indonesia - Coconut Coir Fiber Indonesia - Coconut Peats Pellet - Dinar Emas - Industri Manufaktur Pengecoran Kuningan - Jasa pasang panel beton murah - Jual Panel Beton Murah Siap Pakai - Jual Tanah di Kuningan Jakarta - Jual Tanah di Menteng - Jual komponen nepel mur baut spare parts ac kuningan - Jual tanah di Sudirman - Paket Perjalanan Wisata - Panel Beton murah siap pasang - Rumah Baru Eksklusif dekat Tol - Rumah Murah dekat Tol - Tanah Murah Strategis di Sudirman Kuningan Menteng - Tanah di Kawasan Strategis - industri manufaktur pengecoran kuningan - jual rumah - jual rumah baru dekat tol bintaro - jual rumah baru di bintaro - jual rumah dekat tol bintaro - jual rumah di bintaro - jual tanah strategis untuk usaha dekat pintu tol jagorawi di cikeas gunung putri bogor dijual - jual tanah untuk usaha di cimanggis depok dekat tol dijual - komponen nepel mur baut ac kuningan - rumah baru dekat tol bintaro - rumah baru di bintaro - rumah baru di jakarta selatan - rumah bintaro - rumah dekat tol - rumah dekat tol bintaro - rumah di bintaro - rumah baru dekat tol bintaro - rumah baru di bintaro - rumah baru di jakarta selatan - rumah bintaro - rumah dekat tol - rumah dekat tol bintaro - rumah di bintaro - rumah di jakarta selatan - rumah dijual di bintaro - rumah dijual dekat tol bintaro - rumah dijual dekat tol jorr - rumah eksklusif di jakarta selatan - rumah murah di bintaro - rumah murah di jakarta selatan - tanah dekat tol jagorawi - tanah untuk usaha di jagorawi - -