Rumah Hikmah News Casa Andara Residence Cluster Green Nature

Header

Kehidupan yang penuh warna...


Di antara nikmat tidak terhingga yang diberikan oleh Allah kepada makhlukNya itu terwujud secara harfiah dalam bentuk kekayaan warna-warni yang bisa kita nikmati. Tidak hanya dalam bentuk nikmat pandangan yang tidak bisa ditiru sepenuhnya oleh computer yang paling canggih sekalipun, tetapi juga nikmat makanan. Kita harus makan makanan yang berwarna-warni agar tubuh kita sehat, memiliki daya tahan yang tinggi,  tidak mudah terjangkit penyakit dan tidak mengalami penuaan dini.

Keaneka ragaman warna untuk dimakan dan warna  untuk dipandang ini diungkapkan oleh Sang Pencipta  melalui ayat berikut :

“Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam warnanya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” (QS 35 : 27)

Kalau Anda mencari ayat tentang pelangi di Al-Qur’an, maka inilah ayatNya ! Di ayat tersebut memang hanya disebut putih, merah dan aneka macam warna. Tetapi warna putih adalah perpaduan antara seluruh warna, dari warna putih inilah setelah ‘dibelokkan’ oleh molekul-molekul air di udara dan dilihat dari sudut pandang tertentu – dia akan memunculkan aneka warna yang disebut pelangi.

Sedangkan warna merah adalah warna dengan gelombang panjang tertinggi yang bisa dilihat oleh mata manusia (620-750 nm) , warna-warna lain panjang gelombangnya di bawah rentang ini.

Lantas apa hubungannya antara warna pelangi di langit dengan warna-warninya buah-buahan yang disebut di ayat yang sama tersebut ? Itulah salah satu bukti kebenaran Al-Qur’an bahwa ada satu pencipta yang sama di antara apa yang ada di langit dengan yang ada di bumi.

Bila Anda sempat mengumpulkan aneka ragam buah-buahan yang ada di bumi, maka Anda akan bisa mengumpulkannya secara lengkap sesuai urutan gradasi warna yang ada di pelangi – selalu ada warna buah yang pas dengan warna pelangi !

Warna-warni yang ada di buah inipun bukan hanya sekedar keindahan, tetapi ini cara Allah untuk memudahkan manusia untuk mengingatNya dan menjadikannya pelajaran – sebagaimana ayat yang diulang-ulang di surat Al-Qamar :

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran ?” (QS 54 : 17, 22, 32 dan 40)

Warna-warni yang ada di buah-buahan adalah semacam color code – kode warna, agar manusia mudah mengkombinasikan makanannya untuk memperoleh efek yang paling baik bagi tubuh manusia ini. Setiap warna pada buah adalah merepresentasikan apa yang disebut phytonutrients – yaitu senyawa kimia dari buah tersebut yang sangat berguna untuk kesehatan manusia.9

Agar kesehatan kita terus terjaga dan tidak menjadi tua sebelum waktunya, maka secara harfiah kita harus sedapat mungkin makan ‘pelangi’ itu ! yaitu memakan buah-buahan (dan sayur) yang beraneka ragam warnanya.

Masalahnya ada di daya beli mayoritas penduduk negeri ini – yang sekitar separuhnya hanya memiliki daya beli 1/5 dari nishab zakat atau US$ 2 per hari, bagaimana kita bisa memakan  buah-buahan yang berwarna-warni tersebut ? sedangkan yang ada di toko-toko buah rata-rata adalah impor – yang tentu saja tidak murah dan belum menjadi prioritas kebutuhan yang harus dibeli ?

Lagi-lagi ayat tersebut seolah mengingatkan kita, bahwa sesungguhnya negeri inilah negeri yang penuh pelangi itu – karena pelangi di langit hanya muncul bila ada molekul-molekul air yang cukup di udara – yang antara lain terkait dengan hujan, dan di negeri inilah – negeri tropis yang sangat banyak hujannya.

Dari hujan inilah kemudian ditumbuhkan buah-buahan yang beraneka warna tersebut, Allah sesungguhnya Maha Kuasa untuk langsung memberikan ke kita seluruh-buah-buahan tersebut. Tetapi Allah juga ingin menguji kita siapa yang lebih baik amalnya (QS 67:72), maka di antara karunia Allah yang sangat luas seperti hujan yang dia turunkanNya secara melimpah di negeri ini, pohon-pohonan yang mudah tumbuh – kitapun disuruh ikut berbuat – yaitu menggembala di tempat-tempat turunnya hujan dan tempat-tempat tumbuhnya pohon tersebut sebagaimana ayat berikut :

“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.” (QS 16:10)

Setelah peran untuk kita benar-benar kita lakukan, maka Allah akan lanjutkan dengan karuniaNya di ayat berikutnya :

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengannya tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS 16:11)

Maka dengan hujan Allah antara lain menciptakan pelangi, dengan hujan pula seharusnya kita bisa hidup dengan full color – makanan yang berwarna-warni yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita dan mencegah penuaan dini. Tetapi untuk ini, memang diperlukan amal yang lebih baik dari kita semua – antara lain yaitu amal yang tidak akan membiarkan bumi kita gersang atau ditumbuhi oleh pohon-pohon yang kurang produktif, sementara kebutuhan buah-buahan kita dibanjiri oleh buah impor.

Maka waktunya bagi kita untuk banyak-banyak bersyukur, beramal saleh dan waktunya pula untuk menjadikan kehidupan kita kehidupan yang penuh warna, penuh kerja yang bermakna dan bukan hanya sekedar berwacana. InsyaAllah.

www.rumah-hikmah.com

Tulisan Terkait:

Info Bisnis:

Info Keuangan:

coconut fiber indonesia - civet coffee beans luwak indonesia - rumah baru dekat tol di jatiasih - eksportir indonesia - solusi properti - rumah dinar - manufaktur indonesia - agribisnis indonesia - white copra indonesia - coconut coir pellets - jual panel beton murah siap pakai - jasa pasang panel beton - jual komponen nepel, mur, baut, spare parts ac, kuningan - komponen, nepel, mur, baut, ac, kuningan - industri manufaktur pengecoran kuningan - brass foundry casting manufacturer - brass billets, bullets, neple, nut, bolt, fitting, parts - tanah di kawasan strategis - rumah baru eksklusif dekat tol - rumah murah dekat tol - jual tanah di sudirman - jual tanah di kuningan - jual tanah dekat menteng - paket tour perjalanan wisata - apakah dinar emas - tanya jawab dinar - jual dinar - beli dinar - dinar emas - jual benih lele - jual bibit lele - benih lele - bibit lele - lele sangkuriang -